Minggu, 12 September 2010

Khutbah Idul Fitri 1430 H


09.51 | ,


Begitu banyak karunia yang telah Allah Ta'ala berikan kepada kita. Ni'matul iman, ni'matul Islam, nikmat sehat dan waktu luang. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
"Ada dua karunia yang banyak hamba Allah melalaikan, yaitu nikmat sehat dan waktu luang"

Termasuk diantara nikmat Allah yang agung adalah Allah telah memberikan kepada kita kemudahan untuk melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan. Dan pada kesempatan kali ini kita diberi kemudahan untuk dapat berjumpa dengan sanak kerabat sekaligus menghadiri sholat 'Ied.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad –shallallahu 'alaihi wa sallam, khotamul anbiya wal mursalin. Kepada keluarganya, shahabatnya, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Allahu Akbar……Allahu Akbar…….walillahilhamd!

Allah Subhanahu wa Ta'ala Dzat Yang Maha Agung. Dzat Yang Mengatur alam semesta, Dzat Yang Maha Hidup dan tidak akan mati, dan Dzat Yang Memberi Rizki. Kepada Allah-lah semua akan kembali. Dan kita tidak diperbolehkan takut kecuali kepada Allah. Allah berfirman dalam surat Ali Imran 102:


يا ايها الذين ءامنوااتقواالله حق تقاته ولا تموتن إلا و أنتم مسلمونَ

Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benar taqwa dan janganlah meninggal kecuali dalam keadaan Islam

Perintah taqwa juga Allah tujukan kepada umat-umat sebelum kita. Dan taqwa merupakan suatu wasiat yang paling mulia karena kata "taqwa" mengandung arti yang sangat luas. Orang Arab menamakan dengan istilah "jawami'ul kalim". Bahkan dibalik Ramadhan, juga diharapkan agar bertaqwa. Sebagaimana firmanNya:

يا ايها الذين ءامنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.

Diantara upaya kita agar taqwa kita bertambah adalah dengan cara membaca Al Quran dan mengkaji apa yang terkandung di dalamnya.

Di dalam Al Quran telah disebutkan beberapa permisalan dan Allah berfirman dalam surat Ibrohim ayat yang ke 25 :

و يضرِب الله الأمثال للنّاس لعلهم يتذكرون
Dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.
Allahu Akbar……Allahu Akbar…….walillahilhamd!

Salah satu nama binatang yang Allah tuturkan di dalam Al Quran adalah semut. Bahkan Allah menjadikan salah satu surat di dalam Al Quran yaitu surat An Naml. Disebutkan di dalam Al Quran surat An Naml ayat 18, Allah berfirman :


حتى إذا أتوا على واد النمل قالت نملة يا أيها النمل ادخُلُ مسكنكم لا يحطمنكمْ سليمن و جنوده وهم لا يشعرون
Sehingga apabila mereka mereka sampai di suatu lembah semut, berkatalah seekor semut, wahai para semut masuklah kalian ke dalam sarang-sarangmu agar kalian tidak terinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.

Ayat ini menceritakan tentang apa yang dikatakan oleh seekor semut kepada saudara-saudaranya manakala Sulaiman dan tentaranya sampai ke lembah semut

Ada dua pendapat yang dimaksud dengan lembah semut.
Pertama, lembah yang berada di negeri Yaman.
Kedua, daerah Thaif yang berada di Saudi Arabia.

Ibnu Katsir –rahimahullah mengomentari bahwa semut tersebut bernama "Harros dari suku Syaishon" menunjukkan bahwa semut memiliki nama dan bersuku-suku.

Syaikh Abdurrahman As Sa'di –rahimahullah menuturkan, dengan berteriaknya seekor semut maka seluruh lembah yang ada, asal jenisnya adalah semut, maka akan mendengar. Atau dengan berbicaranya seekor semut tentang marabahaya, maka satu sama lain akan memberikan khabar bahaya yang akan datang. Dan berita akan tersebar sehingga semua akan selamat.

Allahu Akbar……Allahu Akbar…….walillahilhamd!
Kaum muslimin yang dirahmati Allah…………..

Ada beberapa manfaat tatkala kita menghayati apa yang ada pada semut.
Pertama, semut adalah binatang yang tidak egois.
Kedua, semut memiliki rumah. Dan rumah yang dimiliki semut memiliki dua pintu.
Yaitu, pintu barat dan pintu timur.
Yang terbuka adalah bagian barat.
Ketiga, semut adalah binatang yang jujur.
Keempat, semut merupakan binatang yang suka bertasbih.
Kelima, semut adalah binatang yang suka menjaga kerukunan.
Keenam, semut adalah binatang yang rela berkorban.
Ketujuh, semut adalah binatang yang suka menjaga kebersihan.
Kedelapan, semut adalah binatang yang tidak mudah putus asa.
Allahu Akbar……Allahu Akbar…….Allahu Akbar…….walillahilhamd.
Jamaah sholat ied –rahimakumullah………

Demikianlah diantara tanda kekuasaan Allah yang ada pada seekor semut yang kecil. Bahkan merekapun sopan santun terhadap Nabiyullah Sulaiman dengan mengatakan.:

"Masuklah ke rumah kalian, agar jangan sampai Sulaiman dan bala tentaranya menginjak kalian, sedang mereka tidak menyadari.":

Apakah sikap Nabi Sulaiman tatkala mendengar perkataan seekor semut ??
Allah berfirman,


فتبسم ضاحكا من قولها و قال رب أوزعنى أن أشكر نعمتك التى أنعمت علي و على ولدي وَ أن أعمل صالحا ترضاه و أدخلنى برحمتك فى عبادك الصّالحينَ
Maka dia tersenyum dengan tertawa karena mendengar perkataan semut itu dan dia berdoa :
Wahai tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku. Dan untuk mengerjakan amal sholeh yang Engkau ridhai. Dan masukkanlah aku dengan rahmatMu ke dalam golongan hamba-hambaMu yang sholeh.

Demikianlah sikap mulia Sulaiman –alaihissalam dengan tersenyum dan demikianlah tertawanya para nabi. Cukup dengan senyum, tidak tertawa terbahak-bahak.

Nabi Sulaiman adalah nabi yang Allah berikan mu'jizat memahami ucapan binatang.
Angin adalah kendaraannya.
Jin adalah pasukannya.

Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam Surat Saba' : 12


ولسليمن الريح غدوها شهر و روحها شهر و أسلنا له عين القطر و من الجن من يعمل بين يديه بإذن ربه و من يزغ منهم عن أمرنا نذقه من عذاب السعيرِ

Dan kami tundukkan angin bagi Sulaiman yang perjalannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanan di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan pula dan kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya dengan izin Tuhannya. Dan barang siapa yang menyimpang diantara mereka, dari perintah kami, kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.

Sehingga jin patuh dan tunduk kepada nabi Sulaiman karena rasa takut yang menyelimuti mereka.

Ibnu Katsir – rahimahullah menceritakan bahwa manakala Sulaiman wafat beliau tetap di singgasananya dengan memegang tongkat dan manakala tongkatnya rapuh dimakan rayap, maka terjatuhlah beliau. Jarak antara wafat dan jatuhnya beliau kurang lebih satu tahun. Dan Allah berfirman:

  
فلما قضينا عليه الموت ما دلهم على موته إلا دابة الأرض تأكل منسأته فلما خرَّ تبينت الجن أن لو كانوا يعلمون الغيب ما لبثوا فى العذاب المهين
Maka tatkala kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka (Jin) kematiannya kecuali anai-anai yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu, bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib, tentunya mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan. (Q.S. Saba’ : 14)
Dalil ini menunjukkan tentang ketidak tahuan jin terhadap perkara yang ghaib. Dan jin merupakan gurunya para dukun. Jika gurunya saja tidak mengerti masalah ghoib, apalagi muridnya??

Seorang muslim meyakini bahwasanya, perkara ghaib hanya milik Allah
Di zaman sekarang ini, betapa banyak orang yang lari menyelesaikan masalah bukan kepada Allah tetapi mereka justru pergi ke dukun. Dan di zaman sekarang pula, ada perdukunan yang sifatnya terang-terangnya, ada juga yang terselubung. Jika kita tidak waspada, maka bisa jadi terjerumus.

Contoh mudah adalah: tampilan yang berada pada beberapa stasiun televisi:

Ketik, REG <SPASI>.......

Bahkan dia tidak mengetahui perkara yang akan datang. Sekalipun perkara yang remeh.

Jika ia makan ikan, dan duri melukai lidahnya, dia tidak tahu sebelumnya, bagaimana mungkin dia mengetahui hal yang sifatnya besar. Tentunya itu adalah sekedar bualan dan pembodohan terhadap umat, yang kita wajib mewaspadainya.

ولا يفلح الساحر حيث أتى
 .... Dan tidak akan menang tukang sihir itu, dari mana saja ia datang”. (QS. Thaha: 69)

Dan ada beberapa ancaman dari Rasul bagi orang yang ke dukun atau hanya cuma menguji kebenaran apa yang dikatakannya. Kita mohon kepada Allah agar selamat dari fitnah tersebut.

Allahu Akbar .......... Allahu Akbar .......... walilaahilhamd

Di hari yang fitri ini mari kita bersama membuka lembaran baru dengan mengerjakan ketaatan dan menjauhi larangan.

Wahai para suami..... pergaulilah isteri-isteri kalian dengan baik.

Wahai kaum bapak.... didiklah anak-anak kalian kepada arah yang positif.

Wahai para pemuda ..... jadilah anda pemuda Islam. Contohlah Yusuf – alaihissalam-.., Ismail –alaihissalam- karena mereka adalah pemuda Islam yang tangguh dan diabadikan dalam Al-Qur’an.

Wahai para isteri ..... hormatilah dan tunaikanlah kewajiban terhadap suami. Dan Rasul bersabda, Barang siapa wanita yang sholat lima waktu, puasa di bulan ramadhan dan taat kepada suami, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dari pintu yang ia kehendaki.

Wahai kaum wanita..... janganlah berhias seperti orang-orang jahiliyah. Bertutur- katakanlah yang baik karena rasul bersabda, Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya berkata baik atau diam.

Wahai kaum wanita....berpakaianlah dengan menutup aurat. Sebagaimana yang telah ditentukan oleh syari’at.
كلكم راع و كلكم مسؤول عن رعيته
Masing-masing kalian adalah pemimpin dan masing-masing pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban.

Dan Rasulpun telah memberikan teladan yang baik. Aisyah ditanya bagaimanakah akhlak nabi? Maka beliau berkata: Al Qur’an.

Kita mohon kepada Allah – Subhanahu wa Ta’ala– semoga menerima sholat kita, puasa kita, bacaan Al Qur’an kita, sedekah kita, dan semua amalan yang telah kita lakukan sebagai bekal kita di akhirat nanti. Dan kita juga berharap semoga Allah memberikan kepada kita pemimpin-pemimpin yang terbaik sehingga terwujudlah:

BALDATUN THOYYIBATUN WA ROBBUN GHOFUUR.. AMIN...


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar