Minggu, 04 September 2011

Dakwah Islam merupakan salah satu bentuk media jihad yang terdapat di dalam agama Islam


09.11 | ,



Dakwah Islam
Dakwah Islam
Mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan dan mencegah orang lain agar tidak melakukan kemungkaran, menyebarkan ilmu pengetahuan, menasehati sesama adalah beberapa aktivitas yang biasanya terdapat di dalam dakwah Islam.Dakwah Islam adalah salah satu bentuk kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim, sebagaimana firman Allah swt berikut :
“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar1, merekalah orang-orang yang beruntung”. QS. Ali Imron (3) : 104
“Serulah (manusia) ke jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabb-mu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya, dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. QS. An Nahl (16) : 125.
Segala perbuatan tergantung pada niatnya, termasuk dakwah ini. Seruan dakwah yang kita lakukan harus senantiasa dikerjakan dengan niat ikhlas karena Allah. Agar amal kita dalam berdakwah dapat diterima oleh Allah. Apabila niat kita salah (tidak niat karena Allah) justru kita akan di ancam akan mendapat siksa oleh Allah.

Apa akibatnya apabila kita meninggalkan dakwah yang berguna demi kelestarian agama islam ini?

Dengan mengacu pada dalil di atas dapat disimpulkan bahwa dakwah ini memang sudah menjadi kewajiban bagi para umat islam, maka dari itu sudah barang tentu apabila meninggalkan dakwah pun akan berakibat dosa. Oleh karena itu, marilah kita sebagai umat islam bersama-sama menyeru dakwah islam kepada siapa saja. Agar agama islam ini dapat terus lestari hingga anak cucu kita merasakan manisnya memeluk agama islam.
Dengan tersebarnya dakwah islam di Indonesia ini diharapkan seseorang tidak hanya agamanya saja yang islam tapi perilakunya dan perbuatannya tidak menunjukkan dirinya sebagai orang islam atau dapat disebut islam KTP sedikit demi sedikit akan hilang dari bumi pertiwi ini.
Dan perlu diketahui, seseorang yang berdakwah dengan menyampaikan kebenaran serta mencegah kemunkaran sehingga orang yang diajak tersebut mau mengikuti ajakannya maka hal tersebut menjadi tambahan pahala bagi yang mengajak tanpa mengurangi pahalanya orang yang mengerjakan kebaikan tersebut.

Dakwah islam ini juga dapat menjadi amal jariah bagi mereka yang mau menyebarkannya.

Yaitu apabila orang yang berdakwah tadi meninggal dunia, sementara orang yang semasa hidupnya diajak untuk mengerjakan kebaikan dapat terus mengerjakan kebaikan-kebaikan yang diajarkan tersebut, maka meskipun telah meninggal, pahala tetap mengalir untuk orang yang berdakwah tadi. Alangkah bahagianya orang tersebut.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.Dan semoga kita diberi kemudahan oleh Allah untuk senantiasa melaksanakan dakwah islam ini. Amiin.’
sumber : Dakwah Islam


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar